JARINGAN KOMPUTER & MULTIMEDIA

JARINGAN KOMPUTER
Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program–program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.
 
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
·         Sharing resources
Sharing resource bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
 
·         Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
 
·         Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
 
·         Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
·         Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
 
·         Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.
 
 
 
Ditinjau dari rentang  geograpis yang dicakup oleh suatu jaringan, jaringan biasa dibagi 3 jenis : 
·         Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
 
·         WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
 
·         Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepaMetropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
 
TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan menyatakan susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan.Berbagai kemungkinan Topologi :
·         Topologi Bintang
Pada topologi  ini terdapat komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol.Semua simpul yang hendak berkomunikasi selalu melalui pusat pengontrol tersebut.pusat pengontrol berupa hub atau switch.
 
·         Topologi Cincin
Topologi ini mirip topologi bus.informasi dikirim oleh sebuah komputer akan dilewatkan kemedia transmisi,melewati satu komputer ke komputer berikutnya.
 
·         Topologi Bus
merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
 
·         Topologi pohon
suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi pohon setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju .
 
 
 
PROTOKOL KOMUNIKASI
Protokol komunikasi atau biasa disebut protokol saja adalah suatu tatacara yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data (pesan) antara dua buah sistem dalam sebuah jaringan. Dalam hal ini kedua sistem bisa saja berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan format data pada kedua sistem hingga pada masalah koneksi listrik.
 
INTERKONEKSI ANTAR JARINGAN
Interkoneksi antar jaringan menyatakan hubungan antara dua buah jaringnan atau lebih.Untuk melakukan interkoneksi antarjaringan diperlukan peranti-peranti khusus.Yaitu;
·         REPEATER
adalah peranti yang berfungfi untuk memulihkan isyrat yang agak cacat.Biasa digunakan pada jaringan bertopologi bus atau cicin untuk memperpanjangkauan jaringan.
 
·         Brigde
Brigde diperlukan untuk menghubungkan dua buah LAN yang bertopologi berbeda(misalnya  bus dan cincin).kelebihan piranti ini adalah menjadikan lalu lintas lokal masing-masing jaringan tidak saling terpengaruh.Berbeda dengan repeater,brigde dapat memisahkan antarjaringan sekiaranya memang tidak ada permintaan hubungan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.
 
·         ROUTER
Router merupakan yang memungkinkan anda untuk:
§  Menghubungkan sejumlah LAN yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda
§  Menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringan pada lokasi lain
§  Mencari jalan efesien untuk mengirimkan data ketujuan
 
·         GATEWAY
Peranti ini berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki protokol yang sama sekali berbeda.
 
·         BROUTER
Adalah peranti yang dapat bertindak sebagai router dan brigde.
MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video, dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi.
Aplikasi Multimedia
·         Presentasi bisnis
multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk ataupun gagasan ke audien.
 
·         Pelatihan berbasis CBT
multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan menurut penyajian visual.
 
·         Pendidikan
multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
 
·         Hiburan
multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional.
 
·         Penyajian informasi
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar dan suara. selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku  maupun koran.
 
·         KiosInteraktif
 Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat umum. pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
 
 
 
 
Kebutuhan perangkat keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara(sound car),sepasang speaker,dan mikrophone,umumnya komputer pada masa sekarang telah dilengkapi dengan komponen-komponen sbb:
·         Kartu suara
Kartu yang digunakan agar komputer mendukukung pemrosesan audio
 
·         Speaker
Peranti untuk menyajikan suara
 
·         Mikropon
Adalah peranti untuk menerima suara manusia.
 
Elemen-elemen Multimedia
·         Teks
Merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi,baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI.
 
·         Gambar (Sketch / Grafis)Gambar
merupakan salah satu elemen terpenting dalam multimedia, sebab sebagian besar manusia bahkan hampir semua manusia selalu berorientasi terhadap visual. Berdasarkan penglihatan manusia dapat merepresentasikan satu gambar menjadi suatu ungkapan yang dapat mewakili seribu kata. File gambar dikenal dengan nama image dan format gambar di komputer antara lain adalah BMP, JPG, GIF, TIF, WMF dan lain-lain.
 
·         Animasi (Animation)
Animasi merupakan kumpulan gambar yang memiliki alur cerita gambar yang berbeda-beda untuk setiap frame-nya yang ditampilkan secara bergantian sehingga akan terlihat bergerak. Animasi dibuat khusus untuk mendukung konsep ilustrasi yang mengharuskan adegan gambar yang bergerak. Proses animasi adalah menampilkan gambar demi gambar dalam satuan waktu, kumpulan gambar yang ditampilkan satu persatu biasa disebut file (kedipan gambar) dan akan disimpan dalam file yang mempunyai ekstension FLI atau FLC, sedangkan file animasi yang sudah disertai dengan suara disimpan dalam file yang mempunyai ekstension AVI (Audio Visual Interleave).
 
·         Video
Video merupakan elemen tambahan yang berisi rekaman dari kaset video atau yang lainnya yang bersifat analog. Kemudian dimasukkan dalam lingkungan komputer yang berubah menjadi gambar-gambar digital yang tidak jauh berbeda dengan animasi yang bersuara. Penggunaan video sudah banyak digunakan dalam aplikasi multimedia dan umumnya format file video yang digunakan adalah AVI yang merupakan standar video dalam sistem operasi windows.
 
·         Suara (Sound / Audio)
Suara adalah suatu media unik bila dibandingkan dengan media lain yang menjadi elemen multimedia. Bila bekerja dengan menggunakan suara dalam multimedia, sudah pasti akan ditemui suara yang diubah dalam bentuk digital. Adanya penggunaan suara dalam aplikasi multimedia akan menambah daya tarik bagi user karena informasi yang ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan menyenangkan. Dalam aplikasi windows terdapat dua tipe standar suara yang umum digunakan yaitu tipe WAVE dan MIDI. Di bawah ini adalah tabel yang berisi contoh dari tipe format file suara.
 
Perangkat lunak untuk menciptakan program multimedia
Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system(atau sering disebut authoring software).beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu authrware, quest, icon author, dan multimedia director.
 
RINGKASAN
Jaringan (dalam hal ini yang dimaksud adalah jaringan komputer) adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan.

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video, dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi

 

http://permadisuga.blogspot.com/