SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer akan berjalan dengan kekuatan 3 elemen utama, manusia (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware). Adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, dan menyediakan output dalam bentuk informasi) yang dijalankan atas kemauan dan perintah manusia dan diharapkan dapat membantu mempermudah pekerjaan manusia dengan aktivitasnya sehari-hari.

Bidang sistem komputer dalam pengaplikasiannya lebih menekankan ke peningkatan teknologi aplikasi, metodologi perangkat lunak dan manajemen sistem infrastruktur. beririsan dengan System Engineer, sistem komputer berkaitan erat dengan bagaimana membangun, menata, dan mengaplikasikan sebuah sistem, sistem yang mana dapat mempermudah kehidupan manusia.

Program Studi Sistem Komputer pada Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya mensinergikan kecerdasan manusia dengan kecanggihan teknologi perangkat lunak dan kehandalan perangkat keras untuk mewujudkan sebuah sistem cerdas yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia.

Dengan banyaknya kebutuhan akan tenaga sistem komputer dimana aplikasi penerapan / pengendalian otomasi menggunakan komputer mulai banyak diterapkan. Beberapa profesi yang sesuai dengan bidang sistem komputer diantaranya adalah :

1. Networking

Dalam bidang ini akan berhubungan dengan jaringan telekomunikasi yang sangat penting dalam jaman sekarang ini. Syarat untuk bekerja di bidang ini harus menguasai teknik switching, mengopraasikaan komputer dan membuat jaringan. Sekarang ini perusahaan banyak yang mengunakan jaringan untuk bertukar data, oleh karena itu kemampuan ini banyak orang lulusan system computer menguasainya.

2. Robotik dan Otomatisasi

Kemampuan analisis sistem dinamik, vision, dan intelegence untuk mengendalikan robot dan perangkat keras dalam industri. Dalam industry robot sangat di perlukan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

3. Digital Sistem

Kemampuan bidang rekayasa dan perancangan perangkat digital berbasiskan VLSI (Very Large Scale Integration). Biasanya perusahaan telepon seperti indosat, telkomsel ,dll sangat membutuhkan profesi ini.

4. Computer System Management

Kemampuan dalam perencanaan dan pengelolaan perusahaan / organisasi berbasiskan teknologi komputer.

5. Mobile Technology and Embedded System

Kemampuan merancang dan mengembangkan sistem yang terkait dengan mobile technology dan embedded system . Pada profesi ini sangat jarang orang indonesia yang dapat merancang dan mengambangkan technology mobile, oleh karena itu profesi inilah yang sangat jarang di temukan di Indonesia.

6. Help Desk

Help Desk termasuk Operator teknis. Seorang Help Desk harus mampu mengoperasikan PC stand alone, sistem operasi, instalasi internet, anti virus, back up/restore/data recovery, troubleshooting PC, konversi data, teknik pemrograman, gambar vektor, database, HTML dasar. Help Desk termasuk Level II dalam Level kualifikasi bidang Help Desk.

 

Perangkat lunak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.[1][2][3]

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak